niba.ac.id

Platform Berita Terbaik Mengulas Berita Populer & Info Kesehatan Terlengkap

DFD-Level-0

DFD Level 0: Definisi, Manfaat dan Cara Membuatnya

dfd level 0 sering disebut sebagai diagram konteks yang akan menetapkan konteks atau batasan dari suatu sistem dengan permodelan. DFD atau data flow diagram akan membuat banyak orang tahu arus data pada sebuah sistem atau program dari awal sampai akhir. Berikut ini kami akan jelaskan mengenai diagram konteks ini mulai dari definisi, manfaatnya sampai dengan cara membuatnya.

Definisi Diagram Konteks

Diagram konteks merupakan sebuah digaram arus data yang menggambarkan sistem di dalam suatu lingkaran dan mempresentasikan seluruh prosesnya. Dalam diagram ini juga akan terlihat dengan mudah arus data mulai dari input sampai dengan output yang biasanya ditunjukkan dengan panah masuk keluar. Diagram ini terdiri dari beberapa poin, berikut ini penjelasannya.

  • Gambar sistem di mana biasanya digambarkan dalam bentuk 1 lingkaran dan kemudian dinamakan dengan sistem.
  • Entitas eksternal yang biasanya digambarkan dalam bentuk kotak dan dinamakan dengan entitas tertentu seusai dengan program yang dibuat.
  • Arus data di masing-masing entitas eksternal yang masuk ke dalam sistem dan keluar lagi menuju entitas eksternal lainnya.

Salah satu keuntungan dari diagram konteks adalah mempermudah pengguna yang kemungkinan tak terlalu menguasai komputer untuk memahami sistem yang dikembangkan. Ini karena diagram ini menggambarkan alur data dan sistem secara global saja, sehingga tidak terlalu rumit untuk dipahami.

Manfaat Diagram Konteks

Diagram konteks ini memiliki banyak sekali manfaat dalam pengembangan suatu sistem, berikut ini beberapa di antaranya.

  • Transparan

Diagram konteks bisa dibilang sangat transparan, karena semua orang bisa melihat dan mendapatkan informasi yang tertera pada diagram tersebut. DFD level 0 ini pun membuat siapa pun bisa melihat ruang lingkup dan juga batasan dari suatu sistem termasuk jaringan atau sistem lain yang berinteraksi.

  • Dapat Diperluas dengan Mudah

Memperluas diagram konteks ini memang sangat mudah, di mana proses pengembangan sistem pun sudah pasti akan berjalan lebih mudah. Tujuannya perluasan diagram ini adalah untuk memberikan ruang lingkup yang lebih detail mengenai suatu sistem tertentu.

  • Akses Tak Terbatas untuk Semua Pihak

Diagram ini memiliki akses yang tidak terbatas untuk semua pihak, sehingga semua pihak akan bisa terlibat langsung dalam sistem tersebut. Bila mungkin terjadi masalah, maka masalah tersebut akan lebih cepat terselesaikan karena akses yang didapatkan oleh semua pihak.

  • Mudah Dimengerti

Diagram konteks itu merupakan diagram dengan bentuk yang sangat sederhana dan isinya pun merupakan informasi umum dari sebuah sistem. Jadi manfaat menggunakan diagram konteks ini adalah lebih mudah dimengerti oleh semua pihak dan tentu akan memudahkan pengembangan sistem juga.

Cara Membuat DFD Level 0

Proses pembuatan diagram konteks pun cukup sederhana sesuai dengan tampilan dari diagram tersebut yang juga sederhana. Berikut ini cara membuatnya.

  • Identifikasi dulu entitas eksternal dan juga aliran data dengan cara berkonsultasi dengan pihak yang terkait. Proses ini akan memberikan identitas aliran data yang ada pada sistem dan juga entitas eksternal yang terhubung dengan sistem.
  • Gambarkan setiap proses yang mewakili pekerjaan dalam sistem dengan menggunakan lingkaran.
  • Gambarkan setiap entitas eksternal yang berhubungan dengan gambar kotak.
  • Tambahkan aliran data yang mewakili perpindahan data antar proses atau entitas dengan gambar panah.
  • Lakukan evaluasi untuk memastikan DFD level 0 sudah tepat sesuai dengan sistem yang berjalan. Bila ada kekurangan atau kesalahan bisa langsung diperbaiki.
Back to top