niba.ac.id

Platform Berita Terbaik Mengulas Berita Populer & Info Kesehatan Terlengkap

Apa-Itu-Statistika

Apa Itu Statistika: Mengenal Dasar, Jenis, Dan Tujuannya

apa itu statistika? Statistika merupakan ilmu seputar tata kelola data secara komprehensif. Di dalamnya terdapat pengumpulan, modifikasi, interpretasi, analisis, dan pemaparan data. Semakin meningkatnya penggunaan data membuat statistika semakin dibutuhkan terutama dalam pengambilan solusi atau keputusan berlandaskan data.

Konsep Dasar Statistika

Statistika punya beberapa dasar-dasar, berikut beberapa di antaranya:

  • Data

Salah satu komponen dasar statistika yaitu data, data dalam statistika berarti fakta input untuk sebagai fondasi analisis. Jenis data itu sendiri bisa berupa kuantitatif maupun kualitatif. Sifat data kualitatif itu tidak mudah diukur misalnya preferensi orang. Berbeda dengan data kuantitatif yang berupa numerik atau angka-angka yang pada dasarnya bisa diukur misalnya penghasilan, tinggi badan, atau biaya.

  • Populasi

Dasar statistika lainnya adalah populasi yang berarti seluruh objek yang hendak dipelajari atau diteliti. Meski populasi menjadi komponen penting, tapi terkadang tidak memungkinkan untuk mengambil data dari semua yang ada di populasi tersebut. Maka dari itu, statistika erat kaitannya dengan yang namanya sampel.

  • Sampel

Sampel itu merupakan bagian kecil populasi tapi bisa mewakili seluruh anggota populasi. Karena akan mewakili populasi, maka sampel harus bisa representatif atau nilai-nilainya mampu menyesuaikan keseluruhan sifat populasi.

Cukup banyak metode yang bisa digunakan untuk mencari sampel. Bisa dengan cluster sampling, stratified sampling, random sampling, dan metode sampling lain.

Statistik vs Statistika

Beberapa orang mungkin sering tertukar atau bingung antara statistika dan statistik. Keduanya berbeda meski memiliki nilai-nilai yang sama. Lalu apa itu statistik? Statistik merupakan perkumpulan data baik itu angka maupun informasi lainnya.

Berbeda dengan statistika yang lebih ke ilmu untuk tata kelola data tersebut dengan tujuan mengambil keputusan valid. Intinya statistika bisa diartikan ilmu seputar statistik. Kita bisa menganggap statistik sebagai objek.

Mengenal Jenis Utama Statistika

Secara umum, ada dua macam statistika yang paling utama yaitu deskriptif dan inferensial, lalu apa itu apa itu statistika deskriptif dan inferensial? Berikut penjelasannya.

  • Deskriptif

Jenis statistika ini menyajikan dan meringkas sekumpulan data, statistika ini biasanya memakai modus, persentase, median, rata-rata dan sejenisnya. Visualisasi data menjadi salah satu komponen utama statistika misalnya tabel, grafik, dan sebagainya. Tujuan dari statistika deskriptif yaitu mempresentasikan data supaya pembaca lebih mudah mengerti.

  • Inferensial

Sedangkan statistika inferensial lebih ke pengambilan kesimpulan atas populasi sesuai pengambilan sampel. Dalam jenis statistika ini, perlu penggunaan metode probabilitas, fungsinya adalah agar bisa memastikan sampel bisa mewakili populasi.

Untuk mengimplementasikan statistika secara inferensial, biasanya digunakan analisis varians, analisis regresi, dan uji hipotesis. Masing-masing metode tersebut punya fungsi masing-masing dalam kebutuhan inferensial.

Apa Tujuan Statistika?

Secara umum, berikut beberapa tujuan statistika:

  • Penyajian data agar terstruktur dan lebih mudah dipahami. Dari data kompleks, bisa lebih sederhana supaya lebih mudah untuk dimengerti.
  • Mengambil keputusan lebih valid dan akurat melalui analisis data. Terdapat berbagai jenis metode yang bisa digunakan untuk analisis data sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan penelitian.
  • Mencari tahu hubungan variabel-variabel. Hasil korelasi yang didapat bisa antara tidak berpengaruh, positif atau malah negatif. Korelasi positif berarti naiknya variabel bisa berdampak pada kenaikan variabel lain. Sementara korelasi negatif berarti naiknya variabel membuat penurunan pada variabel lain.
  • Memprediksi sesuai ketersediaan data. Statistika bisa diandalkan untuk prediksi variabel tertentu ke depannya sesuai data di masa lalu. Fungsi prediksi pada statistika bisa diandalkan untuk perencanaan strategi maupun pengambilan keputusan.

Itulah pembahasan seputar apa itu statistika, semoga bisa bermanfaat untuk Anda semua.

Back to top