Site icon niba.ac.id

Apa Itu Referral? Berikut Penjelasannya

Apa-Itu-Referral

Strategi marketing terutama di era digital saat ini memang semakin beragam, salah satu yang cukup populer dari dulu adalah Referral. apa itu referral? Dalam bisnis referral itu adalah sebuah program marketing yang dipakai perusahaan dengan melibatkan pelanggan lama. Berikut ini kami akan coba jelaskan mengenai program ini dengan baik sampai dengan manfaat dan tips mempergunakannya.

Definisi Referral

Referral merupakan sebuah strategi marketing dengan memberikan satu kode khusus kepada pelanggan untuk mempromosikan brand sebuah bisnis. Bisa dibilang referral itu adalah strategi untuk mendorong pelanggan lama menarik customer baru, di mana sesuai dengan arti namanya yakni bujukan. Jadi bisa disimpulkan referral adalah strategi yang meminta pelanggan menjadi pendukung dalam hal membagikan informasi.

Salah satu cara yang paling sering digunakan perusahaan untuk menarik pelanggan lama mengajak customer baru adalah dengan sistem insentif. Jadi ketika pelanggan lama bisa menarik customer baru untuk membeli dengan kode yang sudah diberikan, maka akan ada insentif yang diberikan. Insentif ini sudah pasti sangat menguntungkan pelanggan, sehingga akhirnya mereka mau membagikan informasi dan mengajak teman atau saudara.

Sampai saat ini pengaruh dari rekomendasi itu memang sangat besar, sehingga menggunakan strategi marketing referral itu sangat menjanjikan. Kode referral menjadi kunci untuk bisa menjalankan program marketing ini, di mana biasanya kode ini berisi perpaduan angka, huruf dan simbol. Penggunaan aplikasi sangat membantu untuk menjalankan sistem referral ini dalam sebuah bisnis, terlebih bila sudah banyak yang tergabung.

Manfaat Menggunakan Referral

Bagi bisnis penggunaan strategi referral ini memang sangat menguntungkan dan bisa memberikan beragam manfaat yang besar. Melihat dari apa itu referral, berikut ini manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan.

Penggunaan referral pada dasarnya akan sangat membantu peningkatan penjualan dari produk yang dijual oleh suatu perusahaan. Bila insentifnya cukup menarik, maka sudah pasti banyak orang tertarik membagikan produk dan kemungkinan untuk membeli lebih besar. Berdasarkan survei 90% orang lebih percaya pada rekomendasi saudara atau teman.

Bila ada banyak orang yang membagikan informasi produk bahkan sampai link pembelian, maka secara tidak langsung banyak orang yang melihat. Hal ini sudah pasti akan membantu brand awareness yang memang sangat penting dalam sebuah bisnis.

Biaya marketing dengan sistem referral dinilai lebih murah dibanding cara lain untuk mencari pelanggan secara cepat. Jadi bisa memangkas biaya marketing yang dialokasikan untuk mencari pembeli atau customer baru dalam bisnis.

Jenis-Jenis Referral

Jenis-jenis dari referral sendiri sebenarnya ada 3, berikut ini penjelasannya.

  1. One Way Incentives Referrer

Jenis ini berarti akan memberikan insentif kepada pelanggan lama yang berhasil mempromosikan produk sampa terjadi transaksi.

  1. One Way Incentives Referred

Jenis ini adalah jenis referral yang akan memberikan insentif kepada customer baru, biasanya penggunaan kode diskon dan lain sebagainya.

  1. Two Way Incentives Referral

Jenis ini memberikan insentif kepada pelanggan lama yang membujuk dan customer baru yang membeli. Jenis ini jelas akan membuat banyak orang terdorong untuk membagikan link pembelian atau melakukan pembelian produk itu sendiri.

Tips Menggunakannya

Setelah tahu apa itu referral, berikut kami akan bagikan tips menggunakannya.

1. Sebaiknya berikan insentif yang menarik supaya lebih efektif dan efisien.

2. Pergunakan software untuk menjalankan program supaya bisa berjalan dengan lancar dan mudah.

Exit mobile version